Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Diberdayakan oleh Blogger.

Parade Desain Unik Mobil F1 2014

KompasOtomotif — Jelang sesi pemanasan pertama di Sirkuit Sepang, Malaysia, awal Februari 2014, empat tim mulai menunjukkan mobil yang akan digeber para pebalap. Yang pertama melakukannya adalah McLaren dengan MP4-29, menyusul kemudian Lotus dengan E22, lalu Ferrari yang menampilkan F14T, dan Sauber mengandalkan C33.

McLaren MP4-29
Tim ini paling pede memunculkan sosok kendaraan lebih dulu, di McLaren Technology Centre, Woking, Inggris. Ciri khas baru ada di hidung dengan model yang lebih tajam dan unik, mengikuti regulasi bahwa bentuknya harus lebih pendek. Sayap depan-belakang juga lebih pendek. Warna sekarang dominan silver, tanda bahwa kerja sama dengan Vodafone—yang memberi aksen merah—telah berakhir.

Bentuk lain yang sesuai regulasi adalah knalpot tunggal, berada di tengah bagian belakang mobil. Selain itu, kebutuhan pendinginan yang lebih banyak buat sumber tenaga baru pun tampak dari sidepod yang lebih besar untuk mengalirkan udara ke radiator dan intercooler.

Lotus E22
Tim yang baru saja ditinggalkan Kimi Raikkonen ke Ferrari ini masih optimis menghadapi musim 2014. Mereka menunjukkan desain mobil baru—lewat akun Twitter—kepada publik dalam bentuk rekayasa digital. Permainan warnanya masih sama dengan model lama, hitam dengan aksen emas dan merah di beberapa bagian.

Lotus menerjemahkan regulasi baru F1 dengan perubahan mencolok pada hidung. Ujung bagian ini dibuat seperti ”garpu” dengan posisi yang rendah. Tidak ada sayap model bertingkat. Mereka cukup mengandalkan posisi dan letak yang tepat untuk bagian ini demi memperoleh aerodinamika yang baik.

Ferrari F14T
Nama F14T diambil dari hasil polling para penggemar di beberapa negara. Ini adalah mobil balap F1 ke-60 yang telah dibangun tim yang bermarkas di Maranello, Italia, tersebut. Hampir sama dengan McLaren dan Lotus, Ferrari punya desain hidung unik, tetapi lebih memilih desain lebar dan pipih, tidak menajam. Sayap depan lebih sempit, sesuai regulasi, agar tidak mudah membentur mobil lain dan pembatas.

Dalam rilisnya, tim desainer dikatakan bekerja keras memadukan sisi aerodinamika dan regulasi. Desain hidung yang rendah mengharuskan kombinasi sasis dan suspensi berubah. Tampilan belakang juga lebih boxy, menyediakan tempat yang lebih besar untuk sistem pendingin.

Sauber C33
Tim yang juga menggunakan mesin Ferrari ini ikutan ”pesta” dengan mulai menunjukkan hasil rendering. Sosok asli akan muncul di Jerez, Spanyol, 28 Januari mendatang. Belum dijelaskan apa saja yang berubah dalam desainnya. Foto yang beredar hanya menunjukkan tampak samping, dan belum bisa dilihat, apa saja yang menjadi poin baru untuk mobil musim 2014 ini.

Meski demikian, Kepala Desain Eric Gandelin menyatakan bahwa perubahan radikal pada peraturan sangat menyulitkan tim menemukan desain yang pas. ”Kami meletakkan semua paket regulasi baru di sini, sementara kami belum tahu juga bagaimana para rival menerjemahkannya,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, beberapa tim juga akan menyusul dengan livery dan spesifikasi teknis. Paling tidak, minggu ini semua tim harus sudah muncul dan menunjukkan senjata baru masing-masing.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Parade Desain Unik Mobil F1 2014 di blog Beatles Ringtone jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template